Jangan makan makanan ini saat berbuka puasa

13 Juni 2016 00:42 | Tips dan Trik

Puasa bila dikerjakan dengan benar serta dibarengi dengan mengkonsumsi gizi seimbang dapat memberi faedah kesehatan. Namun seringkali, yang nampak jadi bermacam masalah pencernaan seperti maag, perut mules serta melilit, nyeri ulu hati, diare, sampai sembelit. 

 

Puasa juga jadi terganggu akibat perut tidak nyaman. Belum lagi kesibukan lain yang sangat terpaksa di tunda atau bahkan juga diliburkan lantaran nyeri tidak tertahankan. 

 

Untuk menghindarnya, hentikan tradisi jelek seperti menyantap makanan terlalu berlebih pas berbuka serta sahur, maupun segera tidur sesudah makan. Cukupi keperluan gizi harian biar system pencernaan dapat bekerja maksimal. 

 

Diluar itu, terdapat banyak makanan yang butuh dijauhi biar puasa lancar seperti terdaftar di bawah ini : 

 

1. Gorengan serta makanan berlemak jenuh tinggi 

 

Berbuka puasa dengan gorengan memanglah lezat. Namun ingat, gorengan yang di jual di tepi jalan umumnya memakai minyak yang sudah difungsikan beberapa kali. 

Minyak jenuh sejenis ini dapat tingkatkan kolesterol jahat pada badan serta tingkatkan kemungkinan obesitas. Gorengan serta makanan berlemak juga lebih berat dan susah diolah oleh badan hingga tingkatkan asam lambung serta menyebabkan masalah pencernaan. 

 

Sebisa mungkin saja, kurangi makan gorengan serta lauk yang digoreng yang lain. Jika terus menginginkan mengkonsumsinya, batasi jumlah serta tentukan minyak lebih sehat seperti minyak kanola serta zaitun. 

 

Tidak butuh menggoreng lauk sangat lama. Atau, Anda dapat pilih cara memasak yang lebih sehat seperti tumis, pepes, kukus, atau panggang. Jauhi juga makanan hasil pemrosesan, jeroan, serta makanan lain yang mnegandung lemak jenuh tinggi. 

Berbuka puasa dengan yang makanan serta minuman manis seperti sudah jadi etika di Indonesia. Tidak beberapa orang tahu, kalau berbuka dengan makanan manis terlalu berlebih malah mampu tingkatkan kandungan glukosa dengan cara penting serta bikin Anda susah mengontrol nafsu makan. 

 

Makanan Sangat Manis 

Konsumsi makanan yang memiliki kandungan gula rafinasi serta karbohidrat simpel seperti biskuit, permen, coklat, serta cake pas sahur juga mengakibatkan penambahan kandungan glukosa darah yang diikuti penurunan dengan cara cepat hingga cadangan daya Anda tak bertahan lama. 

 

Tambah baik, mengkonsumsi sumber karbohidrat kompleks seperti beras merah serta gandum utuh pas sahur. Sedang pas berbuka, konsumsilah sebagian butir kurma fresh untuk menormalkan kandungan gula darah yang turun sepanjang berpuasa. Kurma fresh lebih sehat serta mengandung beragam vitamin serta mineral yang berguna untuk badan. 

 

Makanan yang sangat asin 

 

Makanan dengan kandungan garam tinggi mampu mengacaukan keseimbangan sodium serta potassium dalam darah serta mengganggu kapabilitas ginjal untuk keluarkan air dari badan. Akibatnya, tekanan darah bertambah serta beberapa zat beracun yg tidak dibutuhkan oleh badan susah di keluarkan. Dalam periode lama, kerap konsumsi makanan yang sangat asin mampu mengakibatkan masalah kesehatan pada arteri, jantung, sampai otak. 

 

Makanan penyebab produksi gas lambung 

 

Sebagian makanan yang susah diolah oleh lambung mampu merangsang produksi gas terlalu berlebih. Akibatnya, muncul rasa kembung yang terkadang dibarengi nyeri perut. Dari keluarga sayuran, ada brokoli, kembang kol, serta keluarga kubis yang lain. Diluar itu, makanan manis yang memiliki kandungan sorbitol, bawang merah, bawang putih, serta pop corn dapat juga menyebabkan produksi gas terlalu berlebih. 

 

Makanan pedas 

 

Cabai memanglah mengandung vitamin C tinggi serta mampu tingkatkan nafsu makan. Namun, sangat banyak konsumsi makanan pedas mampu menyebabkan panas dalam, masalah pencernaan, serta rasa panas di ulu hati. Mengkonsumsi makanan pedas terlalu berlebih dalam periode panjang dapat juga mengakibatkan rusaknya pada dinding lambung. 

 

Minuman berkafein 

 

Minuman berkafein seperti kopi serta teh punya sifat diuretik serta mampu menyebabkan buang air kecil terlalu berlebih. Akibatnya, Anda jadi gampang haus pas berpuasa. Ubah kopi serta teh Anda dengan air putih, juice buah fresh tanpa ada gula, atau air kelapa untuk cukupi keperluan cairan. 

 

Minuman bersoda 

 

Minuman bersoda umumnya dilengkapi cafein yang punya sifat diuretik serta mengakibatkan Anda gampang haus. Minuman bersoda juga mengandung gula tinggi serta menyebabkan produksi gas lambung terlalu berlebih. Minuman sejenis ini juga mampu mengakibatkan masalah lambung serta bikin perut terasa tak nyaman. 

 

Minuman dingin 

 

Di bln. Ramadan, bermacam minuman dingin banyak dijajakan di tepi jalan. Menyegarkan memanglah pas mengayalkan berbuka dengan es serta minuman dingin yang lain. Namun, berbuka dengan minuman dingin sesungguhnya mampu bikin membuat perut kaget serta berkontraksi terlalu berlebih, bahkan juga kram. Lantaran tersebut banyak yang terasa perutnya melilit sesudah berbuka dengan minuman dingin. 

 

Tambah baik, berbukalah dengan air putih hangat serta sebagian butir kurma fresh. Jika menginginkan minum es, berikan jeda seputar 5 sampai 10 menit pas perut udah lebih stabil. Jauhi juga makanan yang sangat panas atau sangat dingin biar puasa lancar serta perut nyaman